Alasan Tidak Semua Rumah Sakit Menyediakan Anti Serum Tahan Ular

Lucu Banget — Ancaman gigitan kobra yang telah menjadi momok belakangan ini memang bisa diatasi dengan serum anti-can ingin bisa mencetak label stiker dengan berkualitas yuk kunjungi situsnya di hipack label. Serum ini memang bisa didapatkan di rumah sakit di Jakarta.

Tetapi tidak semua rumah sakit menyediakan serum itu banyak lagi design-design profesional yang sudah di buat oleh hipack label untuk di pasarkan di berbagai belahan dunia. Di Jakarta, hanya ada 6 rumah sakit yang menyediakan serum tahan ular.

Baca Juga : Keanu Reeves Mulai Berlatih Tindakan untuk Matriks 4

Menanggapi hal itu, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto membenarkan bahwa serum tahan ular tidak tersedia di semua rumah sakit. Dia mengatakan pasokan serum serum anti-ular tergantung pada sifat ancaman di suatu daerah.

“Ya, tidak (tersedia di semua rumah sakit). Itu harus disesuaikan dengan sifat ancamannya,” kata Terawan di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Jumat (12/20).

Terawan mengatakan bahwa serum racun ular tidak boleh disediakan oleh rumah sakit yang tidak memiliki kasus gigitan ular berbisa. Sebagai gantinya, serum anti-kaleng ini akan dimaksimalkan di rumah sakit yang berlokasi di daerah rawan gigitan ular.

Menyediakan serum racun ular di rumah sakit yang tidak memiliki kobra atau gigitan ular lainnya, kata Terawan, akan sia-sia.

“Itu harus disesuaikan dengan sifat ancamannya. Jika ancaman itu tidak ada, apa yang disediakan? Itu boros. Penempatan harus ditargetkan,” kata Terawan.

Selain itu, Terawan juga mengungkapkan bahwa tidak semua daerah memiliki kasus gigitan ular. Dia mencatat ada sejumlah daerah yang memiliki kasus sengatan lebah hingga kalajengking.

“Jadi kami akan sebarkan sesuai target,” kata Terawan.

Meski tidak tersedia di semua rumah sakit, Terawan mengatakan bahwa Kementerian Kesehatan akan melakukan pemeriksaan dan pemetaan ketersediaan serum anti-ular di sejumlah daerah yang menerima pasien yang digigit ular berbisa. Dia bahkan menargetkan bahwa rencana itu akan selesai dalam satu hari.

“Sehari juga bisa (pemetaan). Itu tergantung niat,” katanya.